Perfumes in Cosmetics. Regulatory Aspects and Analytical Methods for Fragrance Ingredients and other Related Chemicals in Cosmetics and Analytical Methods to Determine Potentially Allergenic Fragrance-Related Substances in Cosmetics










Parfum di Cosmetics. Aspek regulasi dan Metode analitik Bahan Fragrance dan bahan kimia terkait lainnya di Kosmetik dan Metode Analytical Menentukan Berpotensi Allergenic-Fragrance terkait Zat dalam Kosmetika





Oleh:
Kelompok 5
Trio Ardiyanti           K100110019
Rani Utami W           K100110020
               Choirul Ma’arif        K100110080
              Amira                         K100110156
               Drajad Tri W            K100110179



FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2014/2015
PENDAHULUAN





A.      DEFINISI
Komite Ilmiah Uni Eropa tentang Produk Kosmetik dan Produk Non Makanan ditujukan untuk konsumen ( SCCPNFP ) , saat ini dikenal sebagai Komite Ilmiah tentang Produk Konsumen ( SCCP ) , menerbitkan sebuah review pada zat yang berpotensi alergi ( PASS ) terkait dengan wewangian (SCCNFP, 1999). Dalam hal ini, Uni Eropa (UE) menerbitkan sebuah amandemen Annex III dari Uni Eropa Cosmetics Directive (2003/15/EC Directive) pada tahun 2003, yang dengan jelas menetapkan kondisi penggunaan dalam produk kosmetik untuk 26 zat aroma terkait diklasifikasikan sebagai kemungkinan penyebab reaksi alergi (Directive 2003/15/EC). Dari 26 zat ini, 24 secara kimiawi didefinisikan senyawa volatil sedangkan dua lainnya adalah ekstrak lumut alami dan tidak sesuai untuk bahan kimia terdefinisi (lihat Tabel 6.2.1). Beberapa konstituen yang terkandung dalam ekstrak alami, seperti atranol dan chloroatranol, telah terbukti menjadi sensitizer kulit (Bernard, 2003; SCCP, 2004). Namun demikian, mereka tidak hadir dalam lumut sendiri, tetapi berasal dari degradasi atranorin dan chloroatranorin selama proses ekstraksi. Namun, senyawa ini tidak diatur seperti itu.
Perubahan tersebut di atas, dalam kerangka Uni Eropa, menetapkan wajib untuk menyatakan kehadiran salah satu dari 26 PASs tersebut  pada label produk ketika hadir pada konsentrasi melebihi 0,001 % dalam kosmetik dimaksudkan untuk tetap pada kulit atau 0,01 % pada mereka dibilas kulit. Hal ini berbeda dengan bahan kimia aroma lain yang tidak perlu dinyatakan secara individual, namun dapat dikelompokkan dan diberi label di bawah kata "parfum" atau "aroma", sebagaimana tercantum dalam Bagian 1.2.
Dua tahun sebelum amandemen ini mulai berlaku, tidak ada metode analisis yang valid ada untuk memantau dalam kosmetik atau wewangian konsentrat digunakan untuk parfum kosmetik. Di satu sisi , hal ini merupakan tantangan besar bagi industri wewangian untuk menetapkan metode yang mampu mengukur jejak 26 bahan kimia ini dari antara sejumlah besar konstituen parfum dari setiap rumus yang diberikan, yang sering hadir dalam konsentrasi yang jauh lebih besar dari PASs. Di sisi lain, tantangan ini telah mempromosikan perkembangan baru saat ini meningkatkan teknik analisis di bidang wewangian dan kosmetik.
Parfum secara luas digunakan dalam kosmetik. Aroma bahan kimia yang berbeda dan lainnya bahan kimia hadir dalam komposisi parfum telah terbukti menyebabkan sideeffects tidak diinginkan. Uni Eropa Kosmetik Directive melarang beberapa bahan  kosmetik ini untuk dipasarkan. Organisasi internasional lainnya, seperti IFRA dan RIFM, bekerja pada laporan keamanan bahan kimia aroma, dan rilis pada kenyamanan atau tidak menggunakan bahan kimia aroma tertentu dalam kosmetik, tergantung pada toksisitas mereka. Namun, tidak ada metode analisis resmi berfokus pada penentuan ini zat dalam kosmetik, yang dapat digunakan untuk memantau mereka, kecuali metode diterbitkan oleh IFRA memfokuskan dalam penentuan 24 bahan kimia yang berpotensi alergi dicantumkan dalam Uni Eropa Cosmetics Directive. Namun demikian, metode yang berbeda dapat ditemukan dalam literatur ilmiah berfokus pada topik ini, tetapi mereka jelas tidak mencakup semua aroma bahan kimia yang terlibat dalam pembuatan kosmetik, yang dalam ribuan. Namun,peneliti harus didorong untuk mengembangkan metode untuk mengontrol hampir semua aroma yang bahan kimia yang telah terbukti menimbulkan bahaya keamanan.

B.       TIPE-TIPE
1.                Jenis Parfum.
Parfum dapat diklasifikasikan menurut sifatnya, karena dapat diperoleh dari sumber yang berbeda. Jadi, untuk parfum yang alami, diperoleh dari produk alami, baik dari tanaman maupun hewan, sedangkan parfum sintetik terbuat dari bahan kimia sintetis.
2.    Parfum Alami.
Parfum alami, juga disebut sebagai minyak esensial, diperoleh dari berbagai bagian tanaman seperti bunga (misalnya melati, mawar, gardenia), buah-buahan (misalnya lemon, jeruk, vanili), akar (misalnya vetiver, cistus, angelica), daun (misalnya violet, patchouli, peppermint), kayu (misalnya vetiver, kayu cendana, cedarwood), kulit kayu (misalnya kayu manis, pala), resin (misalnya benjui, tolu, galbanum) dan biji (misalnya angelica, seledri, anis), atau dari seluruh tanaman (misalnya lavender, geranium). Dapat juga diperoleh dari kelenjar hewan dan organ, seperti misalnya: musk, yang diperoleh dari testis dari rusa musk; musang, yang merupakan sekresi dari kelenjar kucing musang; ambergris, yang diperoleh dari sekresi dari usus ikan paus sperma; dan akhirnya kastor, yang diperoleh dari kelenjar di dekat reproduksi organ berang-berang.
Semua parfum alami diperoleh dengan cara ekstraksi. Proses yang dipilih tergantung pada produk alami dan juga pada bahan kimia yang bertanggung jawab dalam menghasilkan bau. Metode tertentu yang diterapkan sangat mempengaruhi kualitas parfum yang diproduksi.
3.    Parfum Sintetis
Terbuat dari bahan kimia yang diperoleh oleh proses sintesis yang mencoba untuk meniru aroma bahan alam yang ditemukan dalam ekstrak alami. Misalnya, musk dan ambergris sangat sulit diperoleh sebagai hasil dari Washington Treaty yang melarang perdagangan internasional satwa yang dilindungi satwa liar dan tanaman (Mitsui, 1998). Keuntungan utama menggunakan bahan-bahan sintetis adalah menurunkan biaya parfum dibandingkan dengan parfum alami.
Namun, memiliki beberapa kelemahan. Parfum alami bisa dibuat dari ribuan aroma bahan kimia, sehingga sulit untuk mereproduksi parfum yang diinginkan. Namun, parfum sintetis dapat dibuat dengan hanya mencampur bahan utama konsentrasi yang lebih tinggi, sehingga memiliki efek sinergis dan bau yang berbeda (Scott, 2005).
Selain itu, juga memiliki kelemahan lain yaitu bentuk isomer yang berbeda karena merupakan senyawa kimia yang bertanggung jawab dalam menghasilkan bau yang khas, sehingga bau yang dihasilkan tidak menyenangkan. Sebagai contoh, D-linalool memiliki aroma bunga dengan kayu, sedangkan L-linalool memiliki aroma floral yang manis. Oleh karena itu, sangat menarik untuk mengembangkan metode sintesis kiral baik menggunakan katalis optik aktif atau strategi pemisahan optik.
4.    Jenis Bahan Fragrance
Di antara campuran kompleks yang terdiri dari parfum, aroma bahan kimia dapat diklasifikasikan menurut struktur kimianya. Sebagian besar ditemukan pada unit isoprena lima karbon, yang dinamakan terpen. Sehingga ditemukan: hidrokarbon monoterpen (misalnya limonene), seskuiterpen hidrokarbon (misalnya farnesene), alkohol (misalnya cis-3-hexenol), alkohol monoterpene (misalnya linalool), seskuiterpen alkohol (misalnya farnesol), fenol (misalnya eugenol), aldehid (misalnya 2,6-nonadienal), aldehida terpene (misalnya citral), keton (misalnya sikloheksanon), keton terpene (misalnya -Ionone), lakton (misalnya -Undecalactone), ester (misalnya metil salisilat), terpene  ester (misalnya linalyl asetat), dan oksida (misalnya eucalyptol), dll.

C.      PREPARASI SAMPEL
1.    Parfum, Eau de Toilette, Aftershave dan Semprotan deodoran.
Produk tersebut sekitar diencerkan etanol sehingga konsentrasi target fragrance zat < 0.1 %. Tergantung pada konsentrasi dari substansi target wangi pada sampel, mungkin perlu untuk menganalisis beberapa pengenceran sampel.
2.    Sampo, Krim, lotion, lipstik, Bubuk wajah dan Deodoran Sticks.
Parfum dari 1 g sampel diekstraksi dalam 10 ml metanol pada 60oC diikuti dengan penghi langan komponen matriks silika gel kromatografi kolom. Ekstrak dimuat pada 7 x 1,8 kolom gel silika cm, dan aroma fraksi dielusi dengan metanol. Ekstrak parfum disimpan pada 4oC dan dianalisis dalam waktu 24 jam.
3.    Sabun Bar dan Deterjen Laundry
Parfum dari 1 g sampel dilarutkan dalam 50 ml air diekstraksi dalam 10 ml etil asetat dengan ekstraksi cair-cair. Ekstrak parfum di etil asetat disentrifugasi untuk menghilangkan padat atau kontaminasi air. Ekstrak parfum disimpan di 4oC dan dianalisis dalam waktu 24 jam. Metode yang digunakan untuk ekstraksi parfum dari cairan pencuci piring adalah sama seperti untuk sampo (Rastogi, 2000).

D.      HAL-HAL KHUSUS YG ADA DAN PENANGGULANGANNYA
Pendekatan SIM sepenuhnya dipertimbangkan oleh International Fragrance Association (IFRA), yang mengusulkan sebuah metode yang dapat digunakan sebagai acuan dalam laboratorium industri wewangian untuk menentukan PASs dalam aroma konsentrat (IFRA, 2003;Chaintreau et al, 2003). Pemisahan GC dioptimalkan dan tiga ion per analit digunakan untuk membantu mengidentifikasi analit: salah satu dari mereka untuk kuantifikasi, dan dua lainnya sebagai kualifikasi. Untuk senyawa eluting diharapkan, telah ditetapkan jendela retensi, identitas diperiksa dengan membandingkan rasio kelimpahan ion dengan senyawa referensi menggunakan nilai Q (lihat persamaan 6.2.1 ). Bila nilainya setidaknya sama dengan 90, analit dianggap sebagai identifikasi secara positif .

Meningkatnya kompleksitas konsentrat tiga PAS bebas fragrance (32, 57 dan 168 konstituen) yang dibubuhi lima senyawa yang dipilih secara acak dari daftar 24 PASs (lihat Tabel 6.2.2). Pemulihan berarti, dihitung dari hasil pada Tabel 6.2.2, adalah 100,5 %, dengan koefisien variasi dari 16 %. Beberapa puncak dengan nilai-nilai Q di bawah 90 dan eluting dalam melewatkan waktu jendela diharapkan konfirmasi diperlukan dalam mode scan untuk mengkonfirmasi kehadiran mereka.

Selain itu, linalool dan benzil benzoat adalah lebih dievaluasi dalam sampel yang paling kompleks, karena co-elusi ion isobarik. Jadi, meskipun secara umum metode memberikan hasil yang baik, masalah tersebut dari co - elusi masih mungkin terjadi. Wewangian mungkin berisi konstituen rendah atau non -volatile yang tetap di injector dan menyebabkan retensi analit dan / atau artefak (Chaintreau et al., 2003). Gambar 6.2.1 (atas) menunjukkan bahwa penyuntikan kembali salah satu standar kalibrasi setelah kalibrasi dan menggunakan injector kotor memberikan hasil lebih rendah dari konsentrasi yang diharapkan, sedangkan mengulangi eksperimen yang sama dengan injektor bersih (Gambar 6.2.1 (bottom)) memberikan penentuan yang benar.
Fakta bahwa kebersihan injector tampaknya menjadi prasyarat untuk lulus kuantifikasi menunjukkan bahwa ekstrak kosmetik mentah tidak boleh disuntikkan langsung ke dalam instrumen GC-MS tanpa sebelumnya menghapus non-konstituen dan volatil rendah dengan langkah pembersihan yang tepat . Pekerjaan yang sama juga menunjukkan bahwa kalibrasi GC - MS hanya dapat digunakan selama beberapa hari (Gambar 6.2.1(bawah)), karena drift instrumen MS dari waktu ke waktu . Untuk mengatasi kemungkinan positif palsu (terutama karena konstituen co-elutions parfum menunjukkan ion isobarik yang sama dengan PASs) dan negatif palsu (akibat perubahan puncak non eluting terkait besar di depan jendela SIM dapat mempromosikan waktu retensi PAS), sebuah makalah baru-baru diusulkan berturut-turut menyuntikkan sampel ke dalam dua kolom dengan fase polaritas yang berbeda, yang dipasang di satu GC - MS, dan mengukur dengan menggunakan ion diekstrak dari mode pemantauan scan penuh (Leijs et al., 2005).
Pendekatan ini meminimalkan risiko analit over- evaluasi karena co - elutions, sebagai yang terakhir tidak mungkin terjadi di kedua kolom untuk senyawa yang sama. Jika hasil yang diperoleh dengan kedua kolom untuk PAS yang diberikan tidak cocok, yang tepat (tidak adanya co - elusi) dapat dipilih dengan memeriksa seluruh spektrum. Di sisi lain, ketika senyawa target digeser karena didahului oleh puncak berlimpah, dengan mudah dapat dipindahkan, karena, tidak seperti mode SIM, tidak ada jendela waktu retensi. Selain itu, jika ion kuantifikasi diberikan adalah co-dielusi dengan satu isobarik, ion bebas interferensi lain dapat dipilih dari spektrum massa keseluruhan. Di satu sisi, menyuntikkan sampel dua kali meningkatkan waktu berjalan, tetapi di sisi lain, karena interpretasi data adalah langkah yang memakan waktu, prosedur ini tidak secara signifikan mengubah throughput laboratorium sedangkan menyederhanakan tugas analis dan meningkatkan reliabilitas. Pada Tabel 6.2.3, lima kasus co-elusi dapat diamati dalam parfum berduri, menggunakan kolom non-polar, sedangkan mereka dipisahkan dan ditentukan dengan menggunakan kolom polar. Situasi sebaliknya (co-elutions di kolom polar) juga dapat terjadi.
Alternatif lain untuk mengatasi gangguan karena co-elutions, adalah memilih ion lebih selektif dalam modus SIM. Dalam kondisi EI, yang digunakan dalam metode abovedescribed, senyawa biasanya sangat terfragmentasi, sehingga beberapa senyawa hanya menunjukkan sangat umum fragmen bermassa rendah yang mungkin bingung dengan konstituen parfum lainnya. Sebaliknya, semakin lembut ionisasi kimia (CI) menimbulkan fragmentasi kurang dan hasil ion lebih berlimpah pada massa yang lebih tinggi, yang meningkatkan selektivitas. Cadby et al. (2003) digunakan alternatif ini dengan menggunakan amonia sebagai gas reagen, dan ion diamati terutama berhubungan dengan reaksi berikut:

Adduct amonium dan ion transfer proton yang istimewa diamati dengan senyawa polar dan dasar, masing-masing. Peningkatan spesifisitas dicontohkan dengan CI amonia dari farnesol, yang menunjukkan fragmen melimpah di massa tinggi (205, 207, 224 dan 240 uma), sedangkan semua ion menunjukkan kelimpahan signifikan diperoleh EI sangat umum dan di bawah 65 uma.

E.       TARGET ANALIT
Target Fragrance Substances
Metode analisis telah dikembangkan untuk quantification dari 21 aroma zat yang dalam konsentrasi yang relatif tinggi yang umum digunakan dalam komposisi parfum, atau yang ditetapkan alergen kontak:
1 geraniol: CAS registration number 106-24-1;
2 eugenol: 97-53-0;
3 isoeugenol: 97-54-1;
4 linalool: 78-70-6;
5 linalyl acetate: 115-95-7;
6 citronellol: 106-22-9;
7 cinnamic alcohol: 104-54-1;
8 cinnamic aldehyde: 104-55-2;
9 hydroxycitronellal: 107-75-5;
10 _-amylcinnamic aldehyde: 122-40-7;
11 _-hexylcinnamic aldehyde: 101-86-0;
12 _-isomethylionone: 127-51-5;
13 coumarin: 91-64-5;
14 piperonal: 120-50-7;
15 benzyl alcohol: 100-51-6;
16 benzyl acetate: 140-11-4;
17 benzyl benzoate: 121-51-4;
18 benzyl salicylate: 118-51-8;
19 Lilial_: 80-54-6;
20 Lyral_: 31906-04-4;
21 Hedione_: 24851-98-7.

F.       TEKNIK ANALISISNYA
1.    Destilasi Air.
Produk alami direndam dalam air dan dipanaskan sampai mendidih. Minyak esensial diuapkan. Ketika distilat terkondensasi kembali menjadi cair, minyak esensial mudah dipisahkan dari air. Namun, beberapa aroma bahan kimia larut dalam air distilat, sehingga perlu diekstraksi dengan cara lain, dan minyak dipisahkan kembali. Proses ini dikenal sebagai cohobation.
Salah satu keuntungan dari metode destilasi adalah suhu minyak tidak pernah naik di atas 100o C dan dekomposisi suhu minimal. Proses tersebut dapat dilakukan pada suhu yang lebih rendah dengan mengurangi tekanan.
2.    Distilasi Uap.
Mengalirkan uap bertekanan yang dilewatkan pada bahan tanaman, dan komponen aromatik yang diekstrak. Metode ini paling umum digunakan untuk mendapatkan minyak esensial yang tahan terhadap pemanasan. Suhu dapat disesuaikan untuk meningkatkan ekstraksi dengan dekomposisi suhu yang rendah.
3.      Ekstraksi Pelarut.
Pelarut hidrokarbon, seperti heksana, petroleum eter, metanol atau etanol, ditambahkan ke dalam bahan untuk mengekstrak zat aroma halus. Ekstraksi dengan cara Soxhlet manifold, setelah distilasi untuk menghilangkan pelarut, terdapat sisa ekstrak yang dapat digunakan untuk memurnikan ekstrak. Setelah penguapan etanol, minyak yang dihasilkan lebih murni dan terkonsentrasi minyak esensial. Metode destilasi uap berguna untuk mengekstraksi aroma bahan kimia yang termolabil dan memiliki titik didih terlalu tinggi.
Beberapa metode adalah menggunakan lemak hewan sebagai pelarut ekstraktif bahan tanaman. Jadi, metode yang disebut enfleurage melibatkan bahan tanaman yang direndam dalam babi atau lemak sapi selama beberapa hari, secara berulang dengan bahan tanaman yang segar. Zat yang dihasilkan dikenal sebagai minyak rambut, sebaiknya dilakukan ekstraksi kembali dengan etanol untuk mendapatkan ekstrak mutlak. Metode ini mulai ditinggalkan karena mahal dan memerlukan waktu yang cukup lama.
Sebuah metode yang sama dengan yang disebutkan di atas adalah maserasi. Dalam proses ini bahan-bahan alami direndam dalam wadah minyak sampai aroma bahan kimia terlarut. Minyak dapat dipanaskan untuk mempercepat proses. Pomade dapat diekstraksi dengan cara memurnikan ekstrak etanol.
Perkolasi adalah metode ekstraksi yang berdasarkan pelarut, dimana bahan yang akan diekstraksi dikemas ke dalam kolom dengan tap di ujung bawah. Keran dibuka dan pelarut ekstraksi dituangkan di bagian atas dan dibiarkan mengalir. Metode ekstraksi ini digunakan untuk mendapatkan minyak esensial dari rinds buah segar, yang dingin dengan cara menekan rol atau spons. Metode ini sangat cocok untuk komponen yang termolabil.
4.    Supercritical Fluid Extraction
Metode ini dilakaukan dengan memanfaatkan karbon dioksida dalam keadaan superkritis untuk mengekstrak minyak esensial. Metode ini cukup dapat mengurangi waktu ekstraksi. Karbon dioksida memiliki keuntungan  menghilang ketika depressurized, karena perubahan pada keadaan uap dan tidak ada kontaminan. Namun, metode mahal, yang membutuhkan instrumentasi khusus.
Selain prosedur ekstraksi yang dijelaskan di atas, ada proses lain seperti perbaikan (yaitu distilasi tambahan), distilasi fraksional (yaitu mengumpulkan distilat dalam batch yang berbeda), penghapusan terpene (karena beberapa terpene dan sesquiterpene yang diperoleh dari tanaman tertentu sulit terurai dalam etanol dan mudah teroksidasi serta terjadi polimerisasi), penghilangan warna, dll. Aroma kimia murni dapat diperoleh dari parfum alami ini dengan cara prosedur isolasi yang diterapkan pada minyak esensial.
5.    Analisis Parfum Dan Bahan Baku Wewangian
Aspek analisis parfum secara keseluruhan melibatkan karakteristik ekstrak yang dilakukan oleh produsen parfum untuk memeriksa apakah mereka memenuhi persyaratan kualitas yang diinginkan (rasio bahan aroma, ada/ tidaknya senyawa yang tidak diinginkan atau kontaminan, dll), yaitu untuk pengendalian kualitas, dan juga untuk mengkarakterisasi ekstrak baru yang diperoleh dari sumber yang berbeda atau diperoleh dengan metode yang berbeda. Selain itu, kontrol kualitas harus diperlukan bila ekstrak yang berbeda dan/ atau aroma bahan murni ( sintetis atau alami )dicampur dalam rangka menciptakan bahan baku wewangian ( fragrance senyawa), yang nantinya akan dijual kepada produsen kosmetik. Dalam kasus terakhir ini, kontrol kualitas tambahan bahan baku wewangian oleh produsen kosmetik tidak diperlukan, karena produsen parfum mengeluarkan sertifikat yang menjamin kualitas bahan baku wewangian. Namun demikian, produsen kosmetik bisa melakukan kontrol kualitas dari bahan baku yang mereka beli untuk memproduksi kosmetik mereka, untuk menghindari variasi kualitas dalam produk akhir mereka.
Pengukuran sifat fisik seperti indeks bias, rotasi optik, kepadatan, warna dan / atau kelarutan dalam pelarut yang berbeda, umumnya diterapkan untuk parfum dan bahan baku wewangian. Juga, " hidung " yang terlatih untuk memeriksa catatan dari parfum. Dari sudut pandang kimia, penentuan keasaman dan pengukuran saponifikasi dan karbonil indeks memberikan informasi global tentang kontrol kualitas dari parfum. Penggunaan teknik analisis spektroskopi, seperti ultraviolet / spektrometri terlihat (UV / VIS), spektrometri inframerah (IR) dan nuklir magnetik resonance (NMR), juga memberikan informasi yang berharga tentang kualitas.
Teknik pemisahan seperti kromatografi adalah teknik analisis yang paling cocok untuk tujuan ini. Mengingat bahwa bahan kimia aroma biasanya memiliki titik didih rendah, kromatografi gas (GC) , baik melalui suntikan atau dalam headspace (HS) modus , adalah yang paling banyak digunakan teknik dalam industri parfum. Setelah persiapan sampel yang tepat, dan kondisi eksperimental dioptimalkan, menggunakan detektor  ionisasi nyala (FID) atau konduktivitas termal (TCD) terbentuk Kovats Index ( KI ) untuk masing-masing senyawa, yang merupakan pengukuran relatif dari waktu retensi sehubungan dengan gugus  hidrokarbon yang diketahui.
Namun demikian, kadang-kadang, sebuah detektor spektrometri massa (MS) ditambah dengan GC dapat membantu untuk memecahkan masalah ini, karena struktur kimia dapat dijelaskan dengan mempelajari spektrum massa senyawa, serta menjadi database yang juga
mengidentifikasi senyawa yang telah ditetapkan. Selain itu, detektor MS memberikan sensitivitas yang lebih besar dan selektivitas lebih tinggi dari detektor tersebut lainnya. Penggunaan GC digabungkan dengan elektronik hidung ( lihat Bagian 6.3 ) juga dapat berguna dalam beberapa kasus.
Di sisi lain, kromatografi cair ( LC ) dan kromatografi lapis tipis ( TLC ) juga telah diterapkan untuk tujuan kuantitatif dan / atau kualitatif dalam analisis parfum, lebih spesifik untuk menentukan baik volatile atau thermolabile aroma bahan kimia rendah. Perlu ditekankan bahwa karakterisasi minyak esensial, mencakup area besar kimia analitik, dimana banyak makalah yang diterbitkan. Ulasan kertas yang berbeda yang meliputi topik ini dapat ditemukan dalam literatur ilmiah ( Marriot et al , 2001; . Van Asten , 2002; Schulz dan Baranska , 2005). Gambar 6.1.2 menunjukkan kromatogram GC - MS diperoleh dalam analisis Rosa hybrida.
6.      Teknik Analitis Untuk Menetapkan Pass
Untuk menetapkan 24 PASs tersebut di atas dengan rumus kimia tertentu sekaligus, GC adalah kandidat yang baik sebagai teknik yang digunakan untuk menganalisis senyawa volatil dan menawarkan kemampuan pemisahan yang tinggi pada campuran kompleks. Penetapan bahan kimia yang terkandung dalam dua potensi alergi ekstrak lumut alami akan dibahas kemudian.
Berbagai kelas fungsional PAS memerlukan sistem deteksi yang universal (yaitu tidak terbatas pada kelas fungsional yang diberikan). Selain itu, konsentrasi fragrance digunakan dalam kosmetik terkadang terdiri dari lebih dari seratus konstituen terjadi pada konsentrasi mulai dari ยตg/ kg hingga 20 % atau lebih. Oleh karena itu, mengukur PASs dalam kosmetik tidak dapat dicapai dengan sederhana detektor flame-ionization detector (FID) digabungkan dengan instrumen GC, sebagai analit target yang sangat sering dielusi bersama dengan konstituen fragrance atau bahan keras lainnya yang berasal dari matriks kosmetik. Namun, sebuah makalah awal, berurusan hanya dengan 11 PASs, mengusulkan pengukuran senyawa target dalam produk kosmetik yang berbeda dengan GC - FID, tapi itu diperlukan untuk mengidentifikasi analit target yang sebelumnya dengan cara kromatografi gas - spektrometri massa (GC - MS) di bawah electron impact (EI) mode ionisasi (Rastogi, 199). Pendekatan ini dua kali lipat total waktu analisis ketika PAS  hadir, dan terlebih lagi, gagal untuk mengatasi bias karena co-elutions senyawa target dengan bahan lainnya. Kemudian, penulis yang sama juga mengusulkan penggunaan detektor MS selektivitas dalam langkah kuantifikasi (Rastogi, 2002).
7.    Multidimensional gas chromatography
Kromatografi gas Multidimensional (MDGC) dikenal untuk memungkinkan penentuan kuantitatif fraksi yang telah hati-dipotong dari kolom pertama dan selanjutnya dipisahkan pada kolom kedua (misalnya Putih et al., 1990). Dalam kasus Pass, hati-potongan sesuai dengan zona masing-masing elusi dari kolom pertama selektif ditransfer dalam dimensi kedua. Untuk pengetahuan saya, kinerja kuantitatif teknik MDGC diterapkan untuk lulus masih terus dikembangkan (David et al., 2004). Sebuah contoh dari perbaikan resolusi puncak ditunjukkan pada Gambar 6.2.2.
8.    Comprehensive two-dimensional gas chromatography
Kromatografi gas dua dimensi Komprehensif (GCX GC) adalah teknik baru, yang diusulkan di tahun 90-an oleh Philips (Liu dan Phillips, 1991). Analit eluting dari kolom kapiler pertama dan klasik adalah re-terfokus (misalnya dalam perangkap cryo seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6.2.3) dan berkala ditransfer ke kedua, kolom cepat-GC untuk selanjutnya dipisahkan, yang membutuhkan detektor tingkat tinggi sampel . Dalam prakteknya, teknik ini adalah seperti sebuah MDGC, di mana hati-cut dan re-injeksi pada kolom kedua akan terus diulang (setiap 2-5 s) sepanjang seluruh kromatogram. Berbeda dengan MDGC, tidak ada kebutuhan untuk menargetkan analit yang bersangkutan atau untuk mengatur jendela waktu sesuai, sebagai kromatogram pertama adalah permanen "iris".

G.      KESIMPULAN
Gas Chromatography With Tandem Mass Spectrometry. Sebuah makalah baru-baru ini membandingkan kinerja GC-MS pada mode SIM dengan yang GC digabungkan dengan spektrometri massa tandem (GC-MS/MS), baik menggunakan ion-perangkap atau triple quadrupole (Kinani et al., 2006). Perangkap ion tidak cocok untuk penentuan PASS karena LOQ tinggi (sampai 40 mg / kg), kurangnya linearitas dan  ariabilitas yang tinggi (hingga 26% dari standar deviasi ketika kembali menyuntikkan standar pada konsentrasi 10 mg / kg). Perbandingan statistik metode GC-MS (dengan satu kolom) dengan triple quadrupole hasil menunjukkan, dalam kasus terakhir, risiko yang lebih rendah positif palsu dan negatif. Namun, para penulis menyimpulkan bahwa tidak ada metode yang diuji sepenuhnya memuaskan dari sudut pandang ini.

H.      DAFTAR PUSTAKA
Salvador, A., Chisvert, A., 2007, Analysis of Cosmetic Products, Elsevier’s Science Technology Rights Departement in Oxford, Netherlands, hal:243-276.






Comments

Popular Posts