ANALISIS LOGAM TIMBAL (Pb) DAN KADMIUM (Cd) DALAM SEDIAAN LIPSTIK DENGAN SPEKTOFOTOMETER SERAPAN ATOM (SSA)



ANALISIS LOGAM TIMBAL (Pb) DAN KADMIUM (Cd) DALAM SEDIAAN LIPSTIK DENGAN SPEKTOFOTOMETER
SERAPAN ATOM (SSA)

A.    TUJUAN

1.      Setelah melakukan praktikumm diharapkan mahasiswa dapat melakukan preparasi dan menguji Pd dan Cd dalam sediaan kosmetik.
2.      Setelah melakukan praktikum diharapkan mahasiswa dapat melakukan dan mengetahui prinsip dari penetapan kadar Pb dan Cd dalam sediaan lipstik dengan menggunakan Spektofotometer Serapan Atom (SSA).

B.     DASAR TEORI

Menurut penelitian pada tahun 2004, perempuan Amerika menggunakan lipstik sebanyak 81% (Farah Y. Qureshi, 2011). Sejumlah logam berat banyak ditemukan di dalam sediaan lipstik. Beberapa digunakan sebagai agen pewarna (Bukhari et al., 2013).
Sejak 2000 tahun, diketahui bahwa timbal beracun dan mempunyai efek yang berbahaya untuk kesehatan manusia. Masalah utama toksisitas timbal yaitu nyeri perut, anemia, infertilitas, dan kerusakan sistem saraf. Untuk tingkat yang rendah menyebabkan abnormalitas dan gangguan pendengaran, Efek lain untuk sistem tubuh seperti sistem reprodktif, sistem ginjal, hati, dan sebagainya (Chauhan et al., 2010). Pada Ibu hamil, timbal dapat melewati plasenta dan menyebabkan  prematur (Al-Saleh et al., 2009).
Timbal (plumbum /Pb ) atau timah hitam adalah satu unsur logam berat yang lebih tersebar luas dibanding kebanyakan logam toksik lainnya. Kadarnya dalam lingkungan meningkat karena penambangan, peleburan dan berbagai penggunaannya dalam industri. Timbal berupa serbuk berwarna abu-abu gelap digunakan antara lain sebagai bahan produksi baterai dan amunisi, komponen pembuatan cat, pabrik tetraethyl lead, pelindung radiasi, lapisan pipa, pembungkus kabel, gelas keramik, barang-barang elektronik, tube atau container, juga dalam proses mematri (BPOM, 2014)

Sifat fisik
Sifat kimia
kerapatan (massa jenis) yang sangat tinggi yaitu 11,34 gram/cm3
bilangan oksidasi +2 (lebih stabil) dan +4.
bersifat lembek-lemah dengan titik leburnya 327,460C
tiga isotop stabil yaitu 206Pb yang stabil dengan 124 neutron, 207Pb yang stabil dengan 125 neutron, serta 208Pb yang satbil dengan 126 neutron
Harga potensial elektroda timbal adalah -0,13V
tidak terlarutkan oleh H2SO4 encer dan HCl pekat

Cadmium ada di dalam kosmetik, namun kebanyakan ada di dalam lipstik dan bedak tabur. Adsorpsi Cadmium sangat rendah (0,5%). Cadmium berikatan dengan keratin epidermal, absorbsi terbatas ditinjau secara in vivo. Nilai batas oral untuk cadmium  adalah 0.009µg/kg sampai 3 ppm menurut ketentuan USP pada suplemen makanan (Alisa dan Fren, 2011).
Spektrometri Serapan Atom (SSA) adalah suatu alat yang digunakan pada metode analisis untuk penentuan unsur-unsur logam dan metalloid yang pengukurannya berdasarkan penyerapan cahaya dengan panjang gelombang tertentu oleh atom logam dalam keadaan bebas (Skoog et al., 2000). Jika suatu larutan yang mengandung garam logam (atau suatu senyawa logam) dihembuskan kedalam suatu nyala terbentuklah uap yang mengandung atom-atom. Beberapa atom logam dapat mengalami eksitasi ke tingkat energi yang lebih tinggi yang cukup tinggi untukmemungkinkan pemancaran radiasi yang karakterisasi dari logam tersebut (Mulja, 1991).
Untuk mennetukan mineral, bahan dihancurkan/didestruksi dulu. Cara biasa dilakukan yaitu pengeringan (dry ashing) dan pengabuan basah (wet ashing). Pemilihan tersebut tergantung pada sifat zat organik dalam bahan, sifat zat warna yang ada di dalam bahan, mineral yang akan dianalisa serta sensitifitas yang digunakan.
Secara umum, destruksi basah lebih dianjurkan dengan tujuan kecepatan waktu pengerjaan, penggunaan tempertur pada tingkat rendah, dan menurunnya kemungkinan kehilangan unsur. Sedangkan pengabuan kering dianjurkan dengan tujuan kemudahan dalam proses pengerjaan (Apriyanto et al., 1989).

C.    DESKRIPSI PRODUK

1.      Berat   : 2,5-3,0 gram
2.      Komposis        :Castor (Ricinus communis) oil
 Myristyl lactate
 Isopropyl myristate
 Lanolin
 Candelila (Euphorbia cerifera) wax
 Beeswax
 Isoprpopyl lanolate
 Ozokeritre
 Carnauba (Copernica cerifera) wax
 Sorbitan sesquioleate
 Propyl parabean
 Metyl parabean
Parfume
3.      Manufacture    :SKIVA COSMETICS (PT. COSMOLAB PRIMA)
4.      Exp. Date                    : Januari 2017

5.      No. Produk     : BM 18 (Reg. IDM000188465)


FFULLNYA DOWNLOAD DISINI AJA YAK.. ADA TABEL2 JADI GAK ENAK DILIHAT KALO DIBLOG   DOWNLOAD

Comments

Popular Posts